Kamis, 26 April 2012

Wah, Cikal Bakal Ponsel Android Mirip BlackBerry



Prototipe ponsel Google (cnet)
Jakarta - Google sedang menghadapi gugatan dari Oracle terkait penggunaan Java APIs di software Android. Hal menarik muncul dalam dokumen yang dihadirkan ke pengadilan, yaitu prototipe ponsel Google yang jadi cikal bakal Android.

Prototipe ponsel Google yang dibuat tahun 2006 tersebut punya form factormirip BlackBerry. Ketika itu, BlackBerry memang masih populer sehingga mungkin saja Google ingin menirunya.

Dalam dokumennya, Google ketika itu mengajukan proposal ponsel pada operator T Mobile dengan platform software terbuka. Software ini memungkinkan user mengakses layanan Google seperti email, peta dan tentu saja pencarian online.

"Di Google, kami yakin bisa sukses mentransformasi pengalaman mobile, dengan cara yang sama ketika kami merevolusi pengalaman berinternet," tukas Google ketika itu.

Spesifikasi ponsel tersebut tentu saja jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kecanggihan smartphone zaman sekarang. Misalnya prosesor 200 MHz, 64MB RAM dan kamera hanya 2 megapixel.

Seperti detikINET kutip dari Cnet, Kamis (26/4/2012), Google semula berencana merilis ponselnya tahun 2007. Namun akhirnya rencana itu batal dan ponsel pertama Android muncul pada tahun 2008 yaitu HTC G1.

Oracle sendiri menggugat Google ke pengadilan karena menilai penggunaan Java APIs harus dengan lisensi mereka. Oracle menuntut ganti rugi pada Google sejumlah USD 1 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Text