Kamis, 26 April 2012

Lisensi Bikin Microsoft Lebih Kaya dari Android




(Ist)
Washington - Microsoft baru saja menandatangani kesepakatan baru dengan salah satu pembesut elektronik besar guna melisensi teknologi miliknya yang terkait dengan Android dan Chrome. Alhasil, Microsoft disebut-sebut lebih kaya dari Android sendiri.

Jalinan kesepakatan terbaru dilakukan Microsoft dengan perusahaan asal Taiwan, Pegatron. Dengan demikian, Microsoft kini memiliki perjanjian lisensi dengan empat dari lima perusahaan Taiwan yang memproduksi perangkat Android.

Bagi yang belum tahu, mungkin akan heran mendengar Microsoft melisensi paten Android dan Chrome, sementara kedua produk tersebut dikelola oleh Google. Nyatanya, Microsoft memegang banyak paten yang berkaitan langsung dengan teknologi yang digunakan di sistem operasi Android dan browser Chrome.

Tak heran, perusahaan yang berpusat di Washington, Amerika Serikat ini mendulang ratusan juta dolar setiap tahunnya dari 'setoran' kesepakatan lisensi dengan berbagai vendor.

Pegatron adalah salah satu vendor elektronik besar di Taiwan yang merakit perangkat bagi perusahaan ternama seperti Apple, HTC, Hewlett-Packard dan lain-lain.

Sebelumnya, Pegatron adalah anak perusahaan Asustek atau lebih dikenal dengan Asus namun kemudian berdiri sendiri dengan melakukan spin off pada 2010. Tahun lalu, Pegatron mencatat pendapatan lebih dari USD 20 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Text